VARIABEL DAN TIPE DATA




            1.  VARIABEL     



Variabel merupakan suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat diubah sewaktu-waktu ketika program sedang dieksekusi. Namun variabel (Identifier) bebas, tetap harus memperhatikan hal – hal sebagai berikut :
1.    Tidak boleh ada spasinya.
2.    Tidak boleh mengandung operator aritmatik.
3.    Tidak boleh diawali dengan angka.
4.    Tidak boleh merupakan reserved word dalam bahasa pemrograman.
5.    Mencerminkan data yang akan disimpan.

a.    Variabel Global
Yaitu variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program kita. Letak pendeklarasian variabel global berada diluar fungsi utaman nama main()
b.    Variabel lokal
Yaitu variabel yang hanya dikenali oleh suatu fungsi saja. Proses deklarasi variabel lokal dilakukan didalam lingkungan fungsi yang dimaksud.


2.   TIPE DATA



Digunakan untuk untuk membatasi nilai dari suatu variabel. Nilai suatu variabel dibatasi karena untuk efisiebsi pemakaian memori. Kesalahan dalam menyebutkan tipe data aka menyebabkan program yang kita buat tidak dapat dijalankan.kalaupun dapat dijalankan program akan memberikan nilai yang tidak akurat sesuai nilai yang diharapkan.

Berikut yang termasuk tipe data dasar dalam C++ yaitu:
Tipe integer : menyimpan data – data bilangan bulat.
Tipe Float   : menyimpan data – data bilangan pecahan.
Tipe char    : menyimpan data – data berupa katrakter seperti symbol,angka, huruf,dlll
Tipe tanpa bertipe ( void ) : digunakan jika suatu fungsi tidak menghasilkan nilai.
Tipe bool    : tipe yang hanya mengenal true dan false.



PRAKTIKUM

1.    Menampilkan Bilangan yang di inputkan.



















2.    Menampilkan bilangan Positif dan Negatif.























Hasil output















3. Program bertipe bool























Output
















Pada program diatas,

bool bersih;
menyatakan bahwa bersih adalah variabel bertipe bool. oleh karena itu, penugasan seperti
bersih = true;
membuat bersih bernilai benar, sedangkan

bersih = false;
membuat bersih bernilai salah.

perlu juga diperhatikan bahwa pemberian nilai seperti
bersih = 1;
identik dengan
bersih = true;
adapun
bersih = 0;
identik dengan
bersih = false;

4. Program bertipe Long














Output












Referensi :
Kadir, Abdul.2014. From Zero to a Pro Pemrograman C++ (Membahas Pemrograman     Berorientasi Objek. Yogyakarta: Penerbit Andi.





Terima kasih sudah berkunjung........😄😄😄😄
     jangan lupa kunjungi artikel lainnnya.
    SEMOGA BERMANFAAT.....😊😊😊














  






About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 PEMROGRAMAN and Blogger Themes.